WISS ADVENTURE ! KOMUNITAS PETUALANG YANG WAJIB KAMU IKUTI

ROKAN HULU Mendaki gunung dan berpetualang menjadi sebuah kesenangan tersendiri bagi yang menyukainya. Apalagi jika kalian seorang pecinta lingkungan, pas sekali. Hanya saja, jika tidak punya teman senasib sepenanggungan yang suka naik gunung dan berpetualang rasanya susah juga ya.

Bingung mau pergi, tapi tidak ada yang menemani karena kurang memahami medannya. Hal seperti ini sering kali membuat kamu yang hobi mendaki gunung mengendurkan keinginan untuk menjelajah puncak pegunungan yang diinginkan. Tapi jangan khawatir, mending gabung saja dengan Komunitas WISS ADVENDTUR. Wah apa ya wiss adventur itu itu?

wiss adventure merupakan sebuah wadah komunitas para pendaki gunung dan pejelajah alam Indonesia yang sengaja dibentuk untuk menyatukan mereka yang memang mencintai alam, mencintai petualangan, serta mencintai indahnya alam Indonesia. Sejarah berdirinya Wiss Adventur, sama dengan kebanyakan orang, yakni terdiri dari sekumpulan orang yang mau naik gunung,berpetualang tapi susah cari teman.

“Kalau dulu Berpetualang sendiri setahun sekali setelah Lebaran, lama kelamaan jenuh juga mau naik gunung dan berpetualang harus nunggu Lebaran. Akhirnya saya mencoba untuk mengumpulkan teman-teman untuk membuat semacam perkumpulan,” ujar Pendiri Wiss Adventure  Dandi Saputra saat berbincang dengan INFO ROHUL, belum lama ini.

Karena mempunyai dasar sebagai seorang pendaki, Dandi pun mencetuskan dibentuknya WISS ADVENTURE pada Juni 2020. Setelah itu, sebanyak 11 orang, termasuk dirinya Menjelajah alam,bukit di sekitar Rokan hulu dan menaiki gunung merapi di Sumbar.

Awal mendaki, setelah ke Gunung merapi, Dandi dan kawan-kawan tidak mendaki gunung yang letaknya jauh. Mereka pun menyambangi bukit bukit yang menjulang tinggi di sekitaran Rokan hulu riau, yaitu ke bukit batu ropit,puncak kabur,talang perindu dll . Saat berencana menjelajah ke wisata air Kopu rafting, salah satu wisata air terbaik ke dua di indonesia, WISS ADVENTURE menyebarkan selebaran dan mengumpulkan massa untuk ikut kegiatan mereka. Awalnya, mereka tidak membuka event atau open trip, melainkan hanya sekadar menginformasikan dari mulut ke mulut dan medsos.

“Dari sejak itu, kita atur jadwal terus, mengumpulkan teman sebanyak-banyaknya untuk kopi darat (kopdar) dan mengadakan training. Untuk kopdar kita banyak di lokasi Bascamp yaitu di wisata sidomulyo Stable. ,” ucap cowok kelahiran Rokan hulu riau, 8 Juni 1990 itu.

“Siapa pun orang bisa bergabung di WISS ADVENTURE, karena WISS mewadahi orang-orang yang tertarik dengan pendakian gunung,Berpetualang dan kita tidak ada pelantikan atau ospek, kita hanya mewadahi orang yang ingin Berpetualang,” ungkapnya.

Anggota Wiss ad lainnya, Rizal rahman, yang sama-sama berasal dari Rokan hulu menambahkan bahwa wiss adventure sudah menyebar ke seluruh Riau, seperti di kampar, pelelawan, pekanbarudan masing-masing daerah mempunyai adminnya.

“Di rokan hulu sendiri sudah cukup banyak dan kami tidak menghitung secara rinci data pastinya berapa, tapi setiap kopdar bisa mengumpulkan member atau anggota paling sedikit 50 orang,” kata cowok kelahiran Rohul, 2 Desember 1992 itu.

Lebih lanjut, menurut rizal WISS ADVENTURE bukan sebuah organisasi yang hanya datang dari kalangan terbatas saja alias dewasa atau remaja , wiss adventur justru banyak angggota nya terdiri dari emak emak sosialita.

DANDI sebagai sang pendiri memberikan alasan terbentuknya WISS ADVENUTRE selain menyalurkan hobi naik gunung dan berpetualang, sekaligus mempromosikan bahwa gunung-gunung di Indonesia sangat indah dan misi Utama kampanye pelestarian Alam.

“Jadi kita tidak perlu ke luar negeri, di Indonesia saja kita belum mampu untuk menjelajah keliling Indonesia, banyak orang Indonesia yang sudah pernah ke luar negeri, tapi belum pernah ke daerah-daerah Indonesia,” ungkapnya miris.

Nah, kegiatan WISS ADV dalam mendaki gunung tidak hanya bersenang-senang saja, mereka pun peduli akan lingkungan sekitarnya. WISS ADV pun tidak hanya memiliki program-program kegiatan terkait pendakian atau petualangan saja, tapi sudah mulai bergerak dalam kegiatan program kelestarian lingkungan dan pendidikan, yaitu bakti sosial baksos untuk SD Dan daerah tertinggal.

Usia anggota WISS ADV juga tidak terbatas lho, mulai dari murid SMP hingga orangtua di atas umur 50 tahun juga Banyak ikut mendaki dan berpetualang. Menurut Dandi , WISS ADV membuka gerbang untuk siapa saja yang mempunyai hobi mendaki gunung dan berpetualang. Sementara untuk peralatan mendaki dan berpetualang, WISS ADV menyerahkannya kepada masing-masing pribadi, tapi jika ada pendaki yang kekurangan peralatan bisa saling pinjam-meminjam.

“Itu lah solidaritas yang kuat di keluarga WISS ADV, ada anggota yang kekurangan mereka siap saling membantu satu sama lainnya,” paparnya.

Oleh karena itu, Dandi menyarankan, sebelum mendaki gunung, para peserta wajib membawa peralatannya masing-masing, seperti membawa tas ransel, tenda, sepatu, pakaian hangat, sleeping bag, sarung tangan, hingga peralatan navigasi.

Di masa mendatang, WISS ADV berharap bisa menjadi wadah silaturahmi bagi para pendaki dan petualang Indonesia dan juga menjadi harapan bersama, di mana WISS ADV bisa berbuat lebih untuk melestarikan gunung dan alam Indonesia. Tertarik? gabung saja di group wassap https://chat.whatsapp.com/JIq9w7puBTeISNX2PqZCKC  di Komunitas wiss adventure.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *